5 Cara Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Telinga


Telinga merupakan salah satu bagian anggota tubuh yang sangat penting. Berfungsi sebagai indera pendengaran dan organ untuk menjaga kesimbangan. Dengan telinga kita bisa mendengar suara / bunyi. Bisa anda bayangkan jika indera pendengaran yang kita miliki tidak berfungsi dengan baik dan normal, tentu saja akan sangat merepotkan aktifitas kita bukan?
Artikel pertama ini, saya akan bahas tentang bagaimana Cara Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Telinga. Banyak orang beranggapan bahwa menjaga kebersihan dan kesehatan telinga itu rumit, tentu saja tidak jika kita mengetahui caranya.


Prof. Richard M. Rosenfeld, MD, dari Long Island College Hospital, Brooklyn, N.Y.memiliki beberapa saran untuk mecegah gangguan telinga berdasarkan penelitiannya:
  • Istirahatkan telinga Anda jika mendengarkan musik menggunakan headphone.
  • Cari headphone yang memiliki fitur noise-reducing.
  • Jangan duduk atau berdiri terlalu dekat dengan speaker saat konser atau acara tertentu.
  • Bagi para orangtua disarankan agar selalu memperhatikan anaknya agar tidak tertidur saat menggunakan headphone, pastikan volumenya dibawah 60% dari maksimal volume
Dari saran tersebut kita bisa mengetahui beberapa hal apa saja yang bisa kita lakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan telinga. Berikut tips yang bisa membantu untuk  mejaga kebersihan dan kesehatan telinga :
  1. Hindarilah tempat yang bising seperti tempat konser dan yang lainya. Seringnya mendengar suara bising bisa berdampak buruk terhadap kesehatan telinga yang bisa membuat telinga mejadi Tuli. Apabila anda bekerja ditmpat yang bising, sangat disarankan untuk menggunakan Earplug (Pelindung Telinga)
  2. Bersihkan telinga secara teratur menggunakan cotton bud, tapi perlu diingat jangan sampai mendorong terlalu kuat cotton bud ke dalam liang telinga ketika membersihkannya. Karena memberishkan dengan cara mendorong telalu kuat kedalam bisa mengakibatkan kotoran telinga semakin masuk dan bukan mengeluarkan kotoran telinga.
  3. Bila telinga berdenging atau terasa sakit, segera berkonsultasi dengan Dokter THT. Untuk melakukan pemeriksaan terhadap telinga anda.
  4. Saat melakukan perjalanan dengan pesawat pun telinga terkadang terasa sakit. Untuk mengurangi rasa sakit itu, Anda bisa menutup hidung dan meniup telinga dengan lembut. Atau menguap pun terkadang menjadi solusi.
  5. Bijaklah dalam menggunakan earphone, tahukah anda bahwa terlalu sering mendengarkan suara dengan earphone dengan intensitas tinggi bisa  berpotensi menjadi masalah gangguan pendengaran pada telinga. Sebaiknya gunakan earphone maksimal selama 2 jam sehari.
Demikian cara untuk menjaga kebersihan dan kesehatan telinga, karena menjaga telinga itu sangat penting. Lebih baik mencegah dari mengobati, semoga tips ini bermanfaat bagi anda yang sudah membaca artikel ini.

Saat ini sedang bekerja sebagai Sales Consultan di Hearing Aid Center Pusat Alat Bantu Dengar Melawai Bali, pekerjaan sehari-hari melakukan pemeriksaan pendengaran telinga untuk mengetahui ambang dengar telinga, bertanggung jawab terhadap hasil pemeriksaan, melakukan fitting Alat Bantu Dengar serta memberikan konseling kepada customer yang mengalami gangguan pendengaran.

Share this

Related Posts

First