Mengenal 3 Bagian Telinga Beserta Fungsinya

Salah satu indera pendengaran yang satu ini sangat membantu kita dalam mendengar berbagai bunyi dan suara, tanpa adanya telinga mungkin kita tidak bisa bicara karena tidak mengenal adanya bahasa. Rentan frekuensi yang bisa didengar manusia berkisar dari 20 Hz - 20.000 Hz yang ada disekitar kita.
Untuk menunjang fungsi nya ini, telinga terdiri dari 3 bagian. Penasaran apa saja ke tiga bagian tersebut ? Yuk disimak pembahasan kali ini tentang Mengenal 3 Bagian Telinga Beserta Fungsinya.

Secara umum, anatomi telinga terdiri dari 3 bagian dasar yaitu :
  1. Telinga Luar
  2. Telinga Tengah
  3. Telinga Dalam


Masing masing bagian memilik peran dan fungsi tersendiri,

Telinga Luar
Telinga luar ini terdiri dari daun telinga (Aurikula), liang telinga (Meatus Auditory Eksterna), dan gendang telinga (Membran Tympani). Fungsi dari telinga luar adalah untuk menangkap gelombang suara yang ditangkap melalui daun telinga, kemudian gelombang suara masuk kedalam liang telinga dan diteruskan ke gendang telinga. Dibagian telinga ini juga terdapat kelenjar sudorifera yang menghasilkan kotoran telinga (Cerumen) yang bisa mengeras dan berfungsi agar serangga tidak masuk.

Telinga Tengah
Terletak diantara telinga luar dan telinga dalam, yang terdiri dari 3 buah tulang pendengaran dan saluran tuba eustachius. Gelombang suara yang masuk melalui telinga luar diteruskan kebagian tulang pendengaran. Ketiga tulang pendengaran berikut yaitu tulang martil (Malleus), tulang landasan (Incus) dan tulang sanggurdi (Stapes). Ketiga tulang pendengaran ini saling terkait dan berfungsi mengirimkan getaran yang diterima dari gendang telinga di bagian luar menuju ke jendela oval dan rumah siput (Cochlea) di telinga dalam.
Selain tulang tulang pendengaran, ada juga Tuba Eustachius yang menghubungkan telinga tengah dengan faring rongga mulut. Berfungsi sebagai pengatur kesimbangan tekanan udara di gendang telinga dengan udara diluar, serta sebagai drainase cairan dari kavum tympani ke rongga faring. Saluran Tuba Eusthacius selalu tertutup dan akan terbuka saat menguap, bersin, mengunyah, dan menelan.

Telinga Dalam
Telinga terdalam ini terdiri dari rumah siput (Cochlea) yang berfungsi mengarahkan getaran suara ke implus listrik, Vestibuli yang berfungsi untuk menjaga kesimbangan, Kanalis Semisikularis yang berfunsi untuk menjaga tekanan dan saraf auditori untuk meneruskan impuls listrik ke jaringan otak.

Demikian penjelasan singkat mengenai 3 Bagian Telinga Beserta Fungsinya , semoga dapat menambah wawasan anda yang membacanya.



Saat ini sedang bekerja sebagai Sales Consultan di Hearing Aid Center Pusat Alat Bantu Dengar Melawai Bali, pekerjaan sehari-hari melakukan pemeriksaan pendengaran telinga untuk mengetahui ambang dengar telinga, bertanggung jawab terhadap hasil pemeriksaan, melakukan fitting Alat Bantu Dengar serta memberikan konseling kepada customer yang mengalami gangguan pendengaran.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »