Proses Pendengaran Manusia


Pernahkah anda berfikir ketika anda sedang mendengarkan musik kesukaan anda, dan anda berfikir bagaimana cara kerja pendengaran telinga ini sehingga bisa mendengarkan suara musik kesukaan yang begitu indah di dengar? Baik, pada artikel kali ini saya akan bahas mengenai "Bagaimana Proses Pendengaran Pada Manusia".

Semua ini berawal dari telinga, salah satu indera pendengaran yang dimiliki oleh manusia. Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya tentang Mengenal 3 Bagian Telinga Beserta Fungsinya, ketiga bagian telinga tersebut memiliki fungsi dan peran masing masing dalam proses mendengar.

Proses Mendengar 

Di bagian telinga luar, gelombang suara yang masuk ditangkap oleh daun telinga, dan menggetarkan gendang telinga. Getaran gendang telinga menggetarkan tulang tulang pendengaran yang ada pada telinga tengah. Selanjutnya getaran ini membantu suara untuk masuk ke telinga bagian dalam. Setelah berada di telinga bagian dalam, getaran akan masuk ke dalam koklea (rumah siput) yang berisi cairan. Koklea dilapisi oleh sel sel kecil yang tertutupi oleh rambut halus dan tipis, dimana ketika sel sel rambut tersebut bergerak dan menciptkan sinyal yang dikirim ke otak sehingga otak mengenali getaran tersebut sebagai suara.
Skema Proses Mendengar
Demikianlah proses mendengar dalam memamahi suara. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan untuk para pembaca semuanya.

Saat ini sedang bekerja sebagai Sales Consultan di Hearing Aid Center Pusat Alat Bantu Dengar Melawai Bali, pekerjaan sehari-hari melakukan pemeriksaan pendengaran telinga untuk mengetahui ambang dengar telinga, bertanggung jawab terhadap hasil pemeriksaan, melakukan fitting Alat Bantu Dengar serta memberikan konseling kepada customer yang mengalami gangguan pendengaran.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »